Jumat, 05 Juni 2015

Manfaat dan Racun Paling Mematikan Tanaman Jarak


Kalian tau gak tanaman yang satu ini, ya namanya adalah “jarak”. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah hutan, tanah kosong, pantai dan sering juga di kembangbiakkan menjadi tanaman perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7-9, berdiameter 10-40 cm. Nah kali ini room seventy7 akan membahas mengenai manfaat sekaligus racunnya yang sangat berbahaya guys.

Berikut beberapa manfaat tanaman jarak:

-    Satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat. Yang intinya adalah dengan kandungan tersebut minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu yang tinggi sehingga sering digunakan dalam campuran pelumas.

-    Kandungan minyak bijinya dapat mencapai 63%, melebihi kandungan minyak biji kedelai (18%), linseed (33%), rapa (45%), bunga matahari (40%) atau inti sawit (45%). Minyaknya didominasi oleh asam oleat (44.7%) dan asam linoleat (32.8%) sementara asam palmitat (14.2%) dan asam stearat (7%) adalah tipe asam lemak jenuhnya.

-    Biodiesel, minyak biji jarak digunakan sebagai pengganti bahan bakar kendaraan yang dapat dijumpai di stasiun pengisian bahan bakar.

-    Sisa ekstrasi dari minyak biji jarak dapat digunakan untuk pembuatan pupuk organik.



Jarak mengandung zat “risin”, merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia:

-    Risin salah satu racun paling berbahaya, lebih mematikan 6000 kali dibandingkan racun sianida dan lebih berbahaya 12.000 kali dibandingkan racun ular derik.

-    Racun ini disebut-sebut belum memiliki obat penawarnya.

-    Satu butir biji jarak bisa membunuh seorang remaja.

-    500 mikrogram (1 mikrogram = 1 per sejuta gram), atau sebesar ujung jarum, risin cukup untuk membuat manusia meninggal. Oleh karena itu risin menjadi senjata bioteroris yang sangat ditakuti.

-    Risin sering ditemui dalam berbagai insiden, salah satunya dalam pembunuhan Georgi Markov. Georgi Markov merupakan seorang pembelot komunis asal Bulgaria yang kemudian bekerja di BBC. Ia terbunuh pada 1978. Senjata untuk menembakkan risin disamarkan dalam bentuk payung.

-    Pada tanggal 16 April 2013, secarik surat ditemukan di Washington D.C. dengan alamat tujuan Senator Roger Wicker dari Partai Republik. Surat tersebut berisi butiran-butiran kecil mengandung risin. Keesokan harinya, surat dengan kandungan zat serupa juga ditemukan dengan tujuan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam dosis mematikan. Pada 10 Juni 2013, artis serial The Walking Dead Shannon Rogers Guess Richardson ditangkap terkait dengan surat mengandung risin untuk Barack Obama.

Teras Tanam Shop, Jual Aneka Benih dan Perlengkapan Tanam. Lihat daftar produk terbaru yuk klik... selengkapnya>>


Source : id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar